SUZUKI

0822 5708 2325


BBM:

Berita

7 Cara Efektif Mengelola dan Mengatur Stock Barang di Gudang

7 Cara Efektif Mengelola dan Mengatur Stok Barang di Gudang

indonesiana-7_Cara_Efektif_Mengelola_dan_Mengatur_Stok_Barang_di_Gudang2.jpg

Mengelola inventaris merupakan salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak stok barang, terutama bagi Anda yang bisnisnya bergerak di industri grosir dan ritel. Pengelolaan stok barang bisa menjadi semakin rumit apabila bisnis Anda memiliki beberapa gudang di lokasi yang berjauhan. Akan tetapi, dengan manajemen gudang yang tepat, inventaris Anda pasti akan terkelola dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara efektif mengelola stok barang di gudang yang dapat membantu kelangsungan bisnis Anda.

1. Rapikan Tempat Penyimpanan Inventaris

Merapikan Inventaris

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah mengatur tempat penyimpanan stok barang Anda agar menjadi lebih rapi. Anda akan dapat lebih mudah menemukan barang-barang Anda jika Anda menyusunnya dengan teratur. Ini juga akan membantu Anda meminimalisir kerusakan barang.

 

Pisahkan produk sesuai dengan jenis dan kategorinya masing-masing. Sediakan rak khusus untuk barang-barang yang paling laku terjual dan taruhlah di tempat yang mudah diakses, sehingga Anda dapat dengan mudah mengambilnya. Beri label pada setiap rak untuk memudahkan Anda menemukan barang yang Anda cari.

 

2. Buat Forecast Persediaan

Memperkirakan jumlah stok barang

Perkirakan jumlah stok barang yang perlu Anda tambahkan di gudang Anda untuk beberapa waktu ke depan. Forecasting bisa menjadi hal yang cukup rumit apabila Anda menjual produk dalam berbagai jenis, namun hal ini tetap bisa disiasati. Misalnya, jika pada bulan sebelumnya Anda menjual 100 barang yang sama, maka kira-kira pada bulan selanjutnya, Anda juga membutuhkan barang tersebut sebanyak 100 buah pula. Akan tetapi, Anda mungkin perlu memperbanyak pembelian barang tersebut ketika musim libur tiba, karena biasanya penjualan meningkat pada saat musim libur.

 

3. Lakukan Analisis ABC

Analisis ABC

Kategorikan stok barang di gudang Anda. Agar Anda da